4 Cara Mencari Backlink yang Benar

4 Cara Mencari Backlink yang Benar

Salah satu cara mencari backlink yang benar adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Setelah itu, lalu apa cara selanjutnya yang bisa dilakukan?

Anda bisa mencari website untuk memasang backlink hingga menggunakan mention dan  email. Lebih lengkapnya, cek informasi berikut ya.

(baca: cara membuat visit link)

  • Cari Sumber Terpercaya dan Berkualitas

Sumber terpercaya ini tidak hanya yang memiliki DA/PA tinggi tapi juga yang punya visitor tinggi.

Kenapa? Alasannya adalah karena Anda bisa mendapatkan visitor, nama dan kredibilitas. Ibarat kata, Anda berkumpul dengan orang wangi kemudian Anda tertular wanginya orang tersebut.

Lalu, bagaimana mencari website yang berkualitas? Dalam hal ini, tentu Anda butuh tools premium. Tanpa tools ini, Anda tidak akan tahu mana website yang berkualitas dan mana yang tidak.

Di tools tersebut, Anda juga bisa tahu visitor dari website tersebut. Jadi, Anda bisa memperkirakan visitor yang mungkin saja berkunjung ke website Anda dari backlink yang ditinggalkan.

Bagaimana jika tidak ada tools premium? Anda bisa mencarinya di google misalnya menggunakan, sumber backlink berkualitas.

Namun, Anda tidak akan mendapatkan informasi lebih lengkap terkait dengan website tersebut. Jadi, Anda hanya bisa mengira-ngira tanpa informasi yang akurat dan tepat.

  • Mencari Link Rusak

Lagi-lagi, jika Anda hendak melakukan cara mencari backlink yang benar dan berkualitas, maka Anda perlu menggunakan tools premium. Lewat tools ini, Anda bisa tahu apakah ada link yang rusak dengan anchor text yang digunakan.

Anda bisa juga mengecek satu per satu link di website berkualitas yang Anda bidik. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki waktu lebih untuk mengcek link-nya ya.

Setelah itu, Anda bisa mencari kira-kira backlink mana yang rusak. Jika Anda menemukan link rusak tersebut dan memiliki niche artikel yang sama, maka Anda bisa menghubungi pemilik website tersebut.

Tawarkan kerjasama untuk backlink dan berikan buktinya. Dengan begitu, pemilik website bisa memperkirakan apakah akan menggunakan backlink dari Anda atau tidak.

4 Cara Mencari Backlink yang Benar
4 Cara Mencari Backlink yang Benar
  • Menggunakan Mention

Cara mention ini hanya bisa dipergunakan saat kualitas konten sudah terbukti dengan baik. Ketika sumber sudah terpercaya, maka orang lain tentu tidak akan tanggung-tanggung untuk memilih dan menjadikan website Anda sebagai backlink.

Namun, untuk cara mention ini, biasanya backlink yang ditinggalkan adalah jenis backlink no follow. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan jika backlink yang digunakan adalah backlink dofollow.

  • Feeler Email

Cara ini dilakukan untuk pendekatan secara personal. Jadi, antara Anda atau pemilik website tersebut tercipta hubungan yang baik.

Bedanya dengan mengirim email biasa adalah, Anda tidak langsung memberikan linknya. Anda bisa berbasa-basi dan membahas tentang topic yang berkaitan dengan link tersebut.

Kemudian, Anda bisa menanyakan ke orang tersebut apakah mau membacanya. Jika ya, maka, kirimkan link-nya.

Sayangnya, Anda tidak bisa menjamin 100% untuk mendapatkan backlink. Ini karena keputusan menyertakan link Anda sebagai backlink adalah hak dari pemilik website tersebut.

Karena itu, cara mencari backlink yang benar di atas perlu diperhatikan dan diterapkan dengan baik. Jika berhasil, maka Anda akan mendapatkan backlink yang berkualitas. 

Share