5 Trik Memilih Media Promosi yang Tepat

5 Trik Memilih Media Promosi yang Tepat

Promosi adalah metode yang dipergunakan untuk memasarkan sesuatu dan berisi informasi tertentu, baik secara visual ataupun verbal. Dalam melakukan promosi, Anda harus menentukan media promosi yang tepat terlebih dahulu.

Media ini akan sangat berpengaruh pada keberhasilan promosi yang dilakukan. Karena itu, untuk mempermudah Anda memilih media promosi yang tepat, maka pertimbangkan hal berikut ini.

  • Tentukan Dahulu Segmen Pasar

Sebelum Anda menentukan medianya, maka Anda harus tahu, pangsa pasar yang akan di bidik. Misalnya Anda hendak membuat campaign mengenai dampak media sosial kawula muda, maka sasaran pasar Anda adalah anak muda.

Penentuan segmen pasar ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah berdasarkan produk. Jika produk Anda adalah baju bayi, maka segmentasi pasarnya adalah ibu-ibu. Akan kurang tepat jika Anda menentukan media untuk promosi di majalah atau website otomotif.

  • Cara Promosi

Tentukan caranya. Misalnya apakah Anda akan menggunakan cara offline atau online. Cara ini berpengaruh pada anggaran dan juga jangkauan pasarnya. Jika Anda menggunakan cara online, jangkauan pasar akan lebih besar.

5 Trik Memilih Media Promosi yang Tepat
5 Trik Memilih Media Promosi yang Tepat

Namun, dengan menggunakan cara offline, Anda bisa menyasar pada orang yang tidak bisa menggunakan internet. Karena itu, pertimbangkan caranya dan plus minusnya agar hasil promosi bisa maksimal.

  • Tentukan Anggaran

Jangan lupa untuk menentukan anggarannya. Masing-masing media promosi memiliki ketentuan tersendiri terkait penggunaannya untuk marketing. Misalnya untuk media televisi. Iklan akan lebih mahal ketika Anda ingin menayangkannya saat prime time.

Besar kecilnya anggaran ini juga dipengaruhi oleh konsep dari promosi yang akan Anda buat. Misalnya jika Anda menggunakan media digital dan membuat short movie, tentu budget perlu lebih besar, dibandingkan hanya stop motion.

Karena hal tersebut, pertimbangkan dan perhitungkan besar anggaran sesuai dengan kebutuhan Anda. kemudian, sesuaikan juga budget yang ada di perusahaan. apakah sekiranya mencukupi atau tidak untuk melakukan promosi di media tersebut. Jika tidak, cari solusi lain misalnya dengan menggunakan anggaran yang lebih rendah.

  • Sesuaikan dengan Materi Iklan

Jangan lupa untuk mempertimbangkan iklan dan konsepnya. Misalnya jika hanya sebatas teks, Anda bisa menggunakan media cetak sebagai promosi. Sedangkan jika Anda hendak menggunakan iklan video, maka media elektronik ataupun digital akan lebih cocok.

  • Evaluasi

Jangan lupa mempertimabngakn menegnai evaluasi sebelumnya. Jika Anda belum pernah melakukan evaluasi, maka jadwalka evaluasi untuk promosi terdekat yang Anda lakukan.

Kenapa evaluasi berpengaruh? Agar anda tidak mengulang kesalahan yang sama. Misalnya Anda melakukan promosi di media A. Setelah masa promo habis, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan tujuan awal yang menyebabkan kerugian.

Agar Anda tidak mengalami kerugian lagi, maka Anda perlu mempertimbangkan media tersebut untuk promosi lagi. Apakah yang media yang kurang tepat, materi atau waktunya. Dengan begitu, Anda bisa menentukan media promosi yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Share