Cara Membuat Server Sendiri dengan Mudah dan Murah

Cara Membuat Server Sendiri dengan Mudah dan Murah

Cara membuat server sendiri adalah solusi untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi dan kerap membutuhkan akses ke file tertentu dari jarak jauh. Cara ini juga bisa diterapkan untuk membuat halaman web yang dapat diakses secara publik layaknya layanan hosting profesional. Jika Anda masih asing dengan istilah hosting, kami sarankan untuk membaca apa itu hosting terlebih dahulu.

Dengan membuat server, Anda bisa mengakses komputer Anda dari jarak jauh layaknya akses ke Google Drive. Bedanya, seluruh sistem dan sumber daya adalah milik Anda pribadi sehingga tidak ada batasan kapasitas atau biaya langganan yang harus Anda bayar. Kalau Anda tertarik untuk membuatnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

Cara Membuat Server Sendiri

 

  • Siapkan PC Server

Cara membuat server sendiri diawali dengan menyiapkan komputer yang akan didedikasikan sebagai server. Spesifikasi komputer bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan. Misalnya, berapa besar kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan. Ini disesuaikan dengan jenis file dan operasi yang akan Anda jalankan dengan server tersebut.

Pada tahap ini, pemilihan sistem operasi sangatlah penting. Sebagian besar server di dunia menggunakan Linux sebagai OS. Anda bisa mendapatkan berbagai distribusi Linux dari yang gratis sampai yang berbayar. Kami rekomendasikan Debian dan turunannya karena dikenal sebagai yang paling stabil.

 

  • Install Software Pendukung

Setelah instalasi OS selesai, lanjutkan cara membuat server sendiri dengan menyiapkan berbagai software pendukung yang akan Anda butuhkan untuk akses remote ke server tersebut. Salah satu software penting yang perlu Anda install adalah VNC Server agar bisa akses remote ke desktop dengan VNC Client dari komputer lain.

Selain itu, Anda juga perlu menginstall FTP ke komputer server tersebut. Cari panduan tentang langkah instalasi FTP sesuai versi OS yang Anda pakai. Lanjutkan dengan konfigurasi user FTP dan FTP server. Lengkapi dengan HTTP Support dan software tambahan lain sesuai kebutuhan Anda.

 

  • Akses Publik Ke Server

Cara membuat server sendiri ditutup dengan persiapan akses publik. Dari jaringan lokal, Anda perlu melakukan port forwarding melalui router agar komputer dari luar bisa mendapatkan akses masuk ke server Anda. Saat ini, hampir semua jenis router sudah menyediakan opsi port forwarding.

Setelah melakukan port forwarding, server Anda sudah bisa diakses secara publik dengan menuliskan alamat ip dan port ke address bar. Kalau Anda kurang nyaman dengan kombinasi alamat ip yang rumit dan sulit diingat, Anda bisa mendaftarkan ip Anda ke layanan domain gratis seperti www.no-ip.com. Dengan begitu, Anda bisa mengakses server dengan alamat domain seperti www.domainanda.com.

 

Cara Membuat Server Sendiri untuk Akses File Penting

Server pribadi bisa Anda pakai untuk menyimpan file-file penting yang kerap Anda butuhkan. Terutama file berukuran besar yang sulit untuk dibawa kesana kemari. Dengan server, Anda bisa mengakses dan mengunduh file Anda dari mana saja. Bila perlu, tingkatkan keamanan file dengan enkripsi atau kompres menjadi zip dilengkapi dengan password. Seperti itulah cara membuat server sendiri untuk memudahkan pekerjaan Anda tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Share