Cara Membuat Video Animasi Anak untuk Pembelajaran lewat PowToon

Cara Membuat Video Animasi Anak untuk Pembelajaran lewat PowToon

Ada banyak cara membuat video animasi anak yang bisa Anda coba. Mulai dengan cara offline ataupun menggunakan cara online. Masing-masing cara tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Misalnya cara online dengan menggunakan PowToon.

Platform yang berbentuk website ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat animasi anak seperti untuk pembelajaran dengan cara yang mudah dan sederhana. Untuk membuatnya, simak artikel dari Sribu berikut ini.

Cara Membuat Animasi dengan PowToon

Sebelum Anda melakukan cara membuat video animasi anak menggunakan PowToon, maka Anda harus membuka website tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, jangan lupa untuk daftar atau sign up jika Anda belum memiliki akun di website ini. Anda bisa menggunakan akun google Anda untuk masuk agar lebih mudah dan cepat.

Cara Membuat Video Animasi Anak untuk Pembelajaran lewat PowToon
Cara Membuat Video Animasi Anak untuk Pembelajaran lewat PowToon

Nantinya, Anda akan mendapati halaman Powtoon dan pilih bentuk animasi. Jika Anda merupakan pemula, Anda bisa memilih template yang sudah jadi. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membuat template dan bisa langsung mengedit sesuai dengan keinginan Anda.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah ada 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Bedanya, jika berbayar, Anda bisa memilih banyak pilihan seperti template dan character. Namun, baik gratis ataupun berbayar, Anda bisa tetap melakukan animasi sesuai dengan keinginan Anda seperti langkah berikut:

  • Setelah Anda memilih template, Anda bisa mengedit template atau klik preview terlebih dahulu untuk tahu bagaimana tampilannya.,
  • Nantinya, masuk ke dalam template, Anda akan mendapati tampilan seperti power point. Namun, Anda akan mendapati beberapa tools yang bisa dipergunakan. Mulai dari warna untuk background, objek yang akan digunakan di animasi tersebut, suara hingga import gambar.
  • Edit di setiap slide sesuai dengan yang Anda inginkan. Misalnya menambahkan tulisan ataupun objek untuk memperjelas materi pembelajaran Anda. Jika slide yang digunakan kurang, Anda bisa  klik di bagian add slide.
  • Setelah itu, tambahkan suara agar animasi Anda menjadi lebih menarik dari sebelumnya.
  • Review kembali hasil animasi yang sudah Anda buat.
  • Jika sudah selesai semuanya, klik bagian eksport yang ada di bagian kanan atas agar Anda mendapatkan hasil video di komputer Anda.

Untuk mengeksport, Anda harus mengisi seperti kualitas dan resolusi dari video tersebut, deskripsi dan yang lainnya untuk upload di youtube. Jika anda menggunakan versi gratisnya, Anda harus mengunggah hasilnya di youtube baru bisa download lewat youtube ataupun dari media sosial yang Anda gunakan untuk sharing. Kemudian mengunduh dari media tersebut.  Sedangkan jika Anda menggunakan versi berbayar, Anda bisa langsung mengunduh video tersebut dalam format MP4.

Itulah cara membuat video animasi anak untuk pembelajaran dengan menggunakan Powtoon. Selain cara ini, Anda bisa menggunakan software atau aplikasi untuk membuat animasi sesuai dengan keinginan Anda. semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 

Share