Kelebihan Investasi Reksadana Saham dan Cara Memulainya

Kelebihan Investasi Reksadana Saham dan Cara Memulainya

Investasi reksadana saham termasuk salah satu pilihan investasi populer yang ada di kalangan masyarakat. Hal ini karena dapat memberikan keuntungan kompetitif dan juga menawarkan modal investasi terjangkau sehingga sangat cocok dijadikan opsi investasi dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Mengenal Reksadana Saham

Reksadana saham termasuk ke dalam salah satu produk investasi reksadana yang alokasi dananya sebagian besar untuk instrumen saham. Dalam investasi reksadana saham, persentase alokasi dana untuk investasi setidaknya sebesar 80% yang ditempatkan ke dalam instrumen saham. Sementara, sisanya ditempatkan ke dalam instrumen investasi lain.

Apa Saja Kelebihan Reksadana Saham?

Jika Anda memilih reksadana saham, selain memberikan keuntungan dari hasil investasi, ada beberapa kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan :

Modal Minim

Jika ingin berinvestasi reksadana saham, Anda tidak perlu bingung mencari modal kesana kemari karena modal investasi saham ini bisa dimulai dari Rp. 10.000 saja. Anda bahkan bisa berinvestasi secara online tanpa harus mendatangi kantor reksadana.

Return Tinggi

Reksadana saham adalah investasi yang menawarkan imbal hasil atau return tinggi jika dibandingkan reksadana jenis lainnya. Biasanya memiliki return di atas 20% setiap tahunnya.

Mudah Dicairkan

Proses pencairan reksadana saham juga hanya memerlukan waktu pencairan selambat-lambatnya selama 7 hari kerja sesudah penjualan dilakukan.

Ideal Untuk Investasi jangka Panjang

Jangka waktu untuk investasi reksadana saham sendiri sangat fleksibel, dari satu tahun sampai di atas lima tahun.

Transaksi Aman

Semua transaksi hingga pengelolaan dana investasi telah diawasi oleh lembaga OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga lebih aman.

Bebas Pajak

Seluruh imbal hasil atau keuntungan penjualan investasi reksadana ini tidak termasuk ke dalam objek pajak.

Cara Mulai Berinvestasi Reksadana Saham

Ada beberapa langkah berinvestasi reksadana saham, berikut ini :
Anda bisa memilih platform reksadana secara online supaya lebih mudah dan murah mengakses informasi tentang reksadana.

  • Mendaftar menjadi investor online.
  • Jika sudah terdaftar, masuk ke dalam platform atau aplikasi manajer investasi.
  • Lakukan deposit dana sesuai modal yang tersedia.
  • Pilih jenis reksadana saham pilihan yang ingin dibeli. Ingat, jangan langsung terburu-buru ingin mengetahui kinerja saham terlebih dahulu.
  • Anda bisa mempertimbangkan pemilihan reksadana sesuai kriteria. Misalnya reksadana saham dengan return tertinggi atau reksadana terbaik.
  • Beli reksadana dengan cara klik buy, dan anda bisa menjualnya di waktu tertentu dengan tekan sell.
  • Lakukan monitoring terhadap reksadana saham yang anda miliki. Lakukan evaluasi kinerjanya menggunakan fitur yang tersedia. Umumnya anda akan mendapatkan informasi mengenai potensi keuntungan maupun kerugian ketika ingin bertransaksi.

Selain itu, proses penjualan investasi reksa dana saham tidak hanya dengan cara klik sell saja. Melainkan juga dapat menjualnya sesuai nilai uang atau jumlah unit yang akan dicairkan.

Share