Membuat Video Animasi Android 2 DImensi dengan FlipaClip

Membuat Video Animasi Android 2 DImensi dengan FlipaClip

Siapa bilang jika membuat animasi harus dikerjakan di komputer? Anda bisa membuat video animasi android dengan menggunakan aplikasi seperti FIipaClip. Aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk membuat animasi 2D sederhana di ponsel pintar Anda. Untuk tahu bagaimana caranya, simak informasi berikut.

Apa Itu FIipaClip?

Beberapa dari Anda mungkin tidak familiar dengan nama FlipaClip. FlipaClip ini sendiri adalah aplikasi animasi yang bisa dipergunakan di ponsel dengan OS android. Jenis animasi yang bisa dibuat di aplikasi ini adalah animasi 2D dengan teknik frame by frame. Jadi, jika Anda hendak membuat gif atau animasi sederhana, mengenai website untuk tengok animasi gratis, Anda bisa menggunakan aplikasi ini.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah memiliki fitur yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah onion layer, timeline, frame setting. Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda bisa membuat animasi sederhana secara praktis lewat ponsel Anda.

Membuat Video Animasi Android 2 DImensi dengan FlipaClip
Membuat Video Animasi Android 2 DImensi dengan FlipaClip

Cara Membuat ANimasi dengan FlipaClip

Untuk membuat video animasi android 2 dimensi dengan menggunakan FlipaClip, perhatikan caranya seperti berikut ini:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi FlipaClip di ponsel Android Anda.
  2. Buka aplikasi tersebut dan nantinya Anda harus mengisi seperti usia Anda. Klik I accept dan setelah itu, Anda akan sampai di halaman utama.
  3. Untuk memulai membuat, klik tombol + yang ada di aplikasi tersebut,
  4. Jangan lupa untuk membuat nama atau judul animasi sdi bagian project name berdasarkan pada konsep atau jenis animasi yang hendak Anda buat. Lalu tab ‘create project’.
  5. Pilih latar belakang atau background untuk animasi Anda.
  6. Tentukan ukuran videonya. Di bagian Choose Canvas Size ini, Anda bisa memilih ukuran videonya. Misalnya sesuai dengan youtube dengan ukuran 720p atau dengan instagram berasio 1:1.
  7. Tentukan berapa jumlah FPS yang Anda inginkan. Frame per second ini yang akan menentukan animasi Anda. umumnya, FPS yang digunakan adalah 12 ataupun 24 fps. Besar FPS ini berpengaruh pada halus tidaknya atau cepat tidaknya animasi yang Anda buat.
  8. Jika Anda mengikuti default, maka Anda akan menggunakan 12 fps. Namun, jika Anda ingin menggunakan fps yang lain, edit bagian ‘choose frame per second’. Setelah itu ‘create project’.
  9. Nantinya Anda akan masuk ke bagian utama yaitu canvas atau halaman kerja dari FlipaClip. Anda bisa berkreasi sesuka hati Anda dengan menggunakan tools yang tersedia di aplikasi ini.
  10. Selain menggambar, Anda bisa menggunakan beberapa layer sesuai dengan kebutuhan Anda.
  11. Jika sudah selesai, tambahkan efek suara dengan tap di ikon speaker yang ada di bagian kiri. Lalu tambahkan efek suara sesuai dengan yang Anda inginkan.
  12. Sebelum dieksport, Anda bisa preview terlebih dahulu dengan tap ikon play yang ada di bagian tengah.
  13. Jika sudah selesai, tab bagian ‘ikon 3 titik’ di bagian kanan atas dan pilih ‘make movie’.
  14. Setelah itu isi nama dan klik make movie untuk menyimpan.

Itulah cara mudah membuat video animasi android 2 dimensi yang dapat Anda praktekkan. Selamat mencoba!

Share