Urutan Lengkap Struktur Novel, Jelas dan Mudah dipahami

Urutan Lengkap Struktur Novel, Jelas dan Mudah dipahami

Novel adalah sebuah karangan atau karya sastra dalam bentuk prosa panjang dengan alur cerita yang cukup kompleks, bisa terinspirasi dari pengalaman seseorang maupun imajinasi. Orang yang menulis cerita novel disebut novelis, menjadi seorang novelis harus mempunyai daya imajinasi yang tinggi untuk menciptakan sebuah alur cerita yang terkenang dihati pembacanya. Untuk kamu yang baru menjadi novelis atau ingin menjadi novelis, hal yang harus dipelajari adalah mengenai bagian-bagian novel atau disebut dengan struktur, dengan mengetahui struktur memudahkan kamu dalam pembuatan dan penempatan kata yang tepat. Struktur novel sendiri terbagi menjadi 6, yakni: Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi dan Koda, berikut ini urutan lengkapnya:

  1. Abstrak

Pada struktur novel bagian abstrak merupakan bagian yang paling umum, karena terdapat diawal cerita. Pada bagian abstrak menjelaskan tentang inti dari cerita secara garis besar dan ringkas pada sebuah novel.

  1. Orientasi

Berikutnya ada bagian orientasi yang menjelaskan tentang latar waktu seperti: jam, hari, sore ini, siang ini. Latar tempat seperti: di kamar, di rumah, di desa, di kota. Latar suasana seperti: senang, sedih, kecewa dan sebagainya. Pada bagian ini juga menampilkan perwatakan pada tokoh seperti tokoh protagonis (baik), tokoh antagonis (jahat) dan sebagainya.

  1. Komplikasi

Selanjutnya adalah bagian komplikasi. Didalam bagian komplikasi terdapat urutan kejadian sebab-akibat, adanya suatu peristwa karena hubungan sebab-akibat dan munculnya suatu titik permasalahan pada cerita atau yang disebut konflik.

  1. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian kelanjutan dari komplikasi, dimana titik permasalahan atau konflik menuju titik puncak suatu permasalahan dan mulai memasuki bagian dari inti cerita di dalam novel.

  1. Resolusi

Pada bagian Resolusi titik puncak konflik mulai mereda dan dimunculkan solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada. Artinya, pada bagian ini menjadi bagian ujung dari konflik cerita dan diakhiri dengan adanya solusi serta penyelesaian.

  1. Koda

Struktur novel yang terakhir adalah Koda. Koda menjadi bagian penutup novel dan menyajikan akhir cerita dari sebuah novel. Pembaca dapat menarik kesimpulan tentang isi cerita novel pada bagian ini.

Nah itu dia penjelasan mengenai struktur novel, dengan mengetahui struktur dapat meletakan bagian cerita pada tempat yang sesuai, dapat dijadikan sebagai acuan sebelum mulai menulis sebuah novel. Khususnya untuk kamu yang ingin menjadi seorang novelis maupun untuk para pecinta novel. Semoga artikel diatas dapat membantu menentukan harga penulis artikel, terimakasih.

Share