Bisnis Digital Printing Makin Untung dengan Mesin Pond Otomatis

Bisnis Digital Printing Makin Untung dengan Mesin Pond Otomatis

Industri percetakan mungkin semakin tergeser oleh teknologi digital. Namun dalam tingkat tertentu, kebutuhan akan kemasan produk, kartu nama dan undangan masih tetap ada. Inilah yang membuat prospek bisnis percetakan terlihat masih terlihat cukup menggiurkan. Namun di samping mesin cetak, bisnis digital printing juga membutuhkan mesin potong, khususnya mesin pond otomatis.

sumber gambar: maxipro.co.id

 

Urgensi mesin pond kertas dalam bisnis digital printing sangatlah vital. Dalam satu kali order, pelanggan bisa memesan kemasan atau kartu nama hingga ratusan lembar. Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya jika semua pesanan tersebut dikerjakan secara manual tanpa mesin pond otomatis. Bukan hanya tenaga yang banyak terkuras, waktu produksi yang terlalu panjang juga berpotensi membuat pelanggan lari ke kompetitor.

Fungsi Mesin Pond

Mesin pond kertas pada dasarnya tergolong sebagai jenis mesin potong. Sesuai dengan namanya, mesin ini berfungsi untuk memotong kertas. Meski demikian, ada juga mesin pond yang dapat digunakan untuk memotong bahan-bahan lain, seperti beberapa jenis kain dan spon.

Kapasitas dan jenis bahan yang dapat dipotong oleh mesin pond otomatis sangat bergantung pada spesifikasi mesin tersebut. Namun satu hal yang pasti, mesin pond dapat digunakan untuk memotong puluhan bahkan hingga ratusan lembar kertas secara bersamaan. Kemampuan inilah yang membuat mesin pond kertas begitu dibutuhkan dalam bisnis percetakan atau digital printing.

Mata pisau mesin pond otomatis juga bersifat custom. Anda dapat membuat desain mata pisau sesuai dengan pola potong yang diinginkan.

Jenis Mesin Pond

Secara umum, terdapat dua jenis mesin pond. Selain mesin pond otomatis, ada juga mesin pond manual. Perbedaan keduanya terdapat pada teknologi penggeraknya.

sumber gambar: maxipro.co.id

 

Mesin pond manual menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkannya. Operator harus menarik tuas untuk memotong tumpukan lembaran kertas yang ingin dipotong. Sebaliknya, mesin pond otomatis sudah digerakkan oleh mesin. Untuk mulai memotong kertas, operator cukup menekan tombol potong.

Keunggulan Mesin Pond

Baik mesin pond kertas manual maupun otomatis, keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Mesin pond manual memang relatif lebih sulit untuk dioperasikan. Namun dari segi harga, biaya perawatan dan biaya operasional, mesin pond manual justru lebih unggul. Itulah kenapa mesin ini banyak digunakan oleh bisnis rumahan.

sumber gambar: maxipro.co.id

 

Di sisi lain, harga mesin pond otomatis memang lebih mahal dibandingkan dengan mesin pond manual. Namun dari segi kemudahan, kecepatan dan efektivitas pekerjaan, mesin ini jauh lebih unggul. Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas produksi atau meningkatkan efektivitas pemotongan kertas, mesin pond otomatis lebih direkomendasikan.

Mesin pond kertas tergolong sebagai mesin finishing yang memiliki andil penting dalam sebuah proses produksi. Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda ingin agar mesin yang dibeli mampu bertahan lama dan memberi hasil yang sepadan. Itulah kenapa penting untuk memilih mesin pond yang berkualitas. Untuk mendapatkan mesin yang memenuhi standar industri digital printing, kini Anda bisa menemukannya dengan mudah di Maxipro.

Share