Cara Membuat Artikel Berita Viral agar Tidak Plagiat

Cara Membuat Artikel Berita Viral agar Tidak Plagiat

Cara membuat artikel berita mudah-mudah sulit. Salah satu tantangan ketika membuat artikel berita adalah masalah plagiasi. Tentunya, kita tidak mungkin menulis berita yang penuh plagiat.

Sebenarnya, cara menulis berita ini nantinya juga akan menentukan seperti apa tulisan tersebut disajikan. Bukan hanya topik saja yang harus Anda perhatikan, namun juga penyajian yang mengasyikkan.

Cara Membuat Artikel Berita Viral

Menulis artikel berita tentu saja memiliki langkah-langkah tersendiri. Berikut beberapa langkah membuat artikel berita yang dapat Anda lakukan:

  1. Menemukan ide

Menulis tanpa menemukan ide tentu saja menjadi hal yang sangat mustahil. Anda akan kesulitan menuliskan kata demi kata. Jika sudah seperti ini, hasilnya bisa ditebak, tidak akan ada satupun tulisan yang dibuat.

Lantas bagaimana cara menemukan ide. Karena akan menulis berita khususnya berita yang sedang viral, Anda bisa membuat situs-situs berita lain yang menyajikan berita viral.

Dari sini, nantinya Anda akan mengetahui, sebenarnya mana dan apa saja yang harus ditulis. Cara ini lebih mudah dibandingkan dengan harus memikirkannya sendiri.

  1. Tetapkan angle

Menetapkan angle juga menjadi hal yang sangat penting. Angle tulisan yang ingin Anda buat harus tajam, jelas serta jernih. Agar mudah melakukan penulisan Anda dapat menggunakan rumus seperti 5W+1H.

Agar dapat merumuskan angle dengan jitu, Anda bisa memahami seperti apa kompleksnya berita yang ingin Anda ulas dan persoalan di dalamnya, sehingga Anda bisa menguraikannya dengan lebih sistematis.

  1. Mengumpulkan bahan berita

Banyak situs berita dadakan yang muncul, sayangnya biasanya mereka akan menulis hal-hal yang sama, atau isi di dalamnya sama. Tentu Anda tidak ingin sama dengan yang lain.

Agar tidak sama dengan yang lain, Anda bisa mengumpulkan bahan berita, dari berbagai macam situs kemudian merangkainya menjadi satu.

Dengan merangkai menjadi satu, pembaca akan mengetahui, sebenarnya apa yang menjadi penyebab awal peristiwa tersebut berlangsung, hingga keadaan yang terjadi sekarang ini seperti apa.

Melakukan riset, observasi hingga wawancara. Jika lokasi Anda sekarang ini dekat dengan sumber berita, Anda dapat melakukan sesi wawancara dengan narasumber.

  1. Buat kerangka tulisan

Kerangka tulisan bisa membantu penulis untuk memetakan seperti apa kronologi dari peristiwa tersebut, kemudian data yang diperlukan hingga informasi lainnya juga bisa dikumpulkan.

Anda bisa memberikan gambaran ide, dan angle, kemudian Anda dapat merajut seperti apa tulisan tersebut akan diusung. Letakkan peristiwa demi peristiwa dan akhirnya menutupnya dengan kesimpulan yang memuat banyak hal.

  1. Mulai menulis

Anda bisa mulai menulis. Dengan memiliki seluruh bahan yang sudah terkumpul, setelah melihat angle serta ide yang tajam, tidak ada salahnya mulai menulis.

Mencoba menulis bahkan jika baru pertama kali dilakukan memang tidak mudah, karena banyak hal yang harus diperhatikan khususnya masalah plagiasi. Dengan latihan terus menerus, Anda akan dapat cara membuat artikel.co.id berita viral yang menarik dan bebas plagiat.

Share